Pemprov Luncurkan Data Informasi Bencana

Provinsi Sulut termasuk salah satu daerah rawan gempa di tanah air, kini telah memiliki data informasi bencana indonesia (DIBI), untuk bisa diakses langsung oleh masyarakart. Peluncuran DIBI untuk daerah ini dilakukan Sekprov. Sulut Drs Robby J Mamuaja atas nama Gubernur Dr. Sinyo Harry Sarundajang turut disaksikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr. Sutopo, di Swisbell Hotel Manado, Rabu (29/10).

Kaban Penanggulangan Bencana Sulut Ir Hoyke Makarawung, Msi menjelaskan provinsi sulut merupakan daerah ke-10 yang melakukan peluncuran data informasi bencana indonesia (DIBI). DIBI Provinsi Sulut sendiri adalah sebuah basis data dan perangkat analisa yang berisikan ribuan data bencana yang pernah terjadi di sulut dari tahun 1856 hingga 2009. Makarawung mengajak, untuk mengakses DIBI provinsi sulut buka browser anda, dan ketik http://dibi.sulut.go.id.

Mamuaja mengatakan, sebagai salah satu daerah rawan bencana, maka kehadiran DIBI sangat membantu masyarakat untuk bisa mengetahui setiap bencana yang terjadi di daerah ini. Diakuinya pada tahun 1935 pernah terjadi banjir besar yang menutupi setengah dari kota manado, kemudian pada tahun 2000 lalu kota manado pernah mengalami hal serupa juga di kecamatan motoling dan ranoyapo waktu itu masih kabupaten minahasa terjadi banjir dan tanah longsor sehingga merusak ratusan hektar lahan pertanian, kuburan rakyat hanyu, serta akses jalan tertimbun tanah longsor dan korban jiwa. Disisi lain Mamuaja menyebutkan, banyaknya gunung berapi yang masih aktif termasuk gunung bawah laut mahangetang di sangihe mengingatkan kita untuk terus waspada. Karenanya kehadiran DIBI di sulut di akuinya sangat membantu pemerintah daerah baik provinsi maupun pemerintah yang ada di kabupaten/kota se-sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: