Moniaga Buka Temu Stakeholders Konservasi Lahan

Provinsi Sulawesi Utara adalah salah satu daerah yang paling potensial jika dilihat dari segi sumberdaya alam yang dimiliki, khususnya dalam bidang pertanian, ujar Plt. Sekprov Sulut, Ir.S.R. Mokodongan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Karo Sumber Daya Alam Setda Prov Sulut, Sandra Moniaga, MSi pada pembukaan kegiatan Temu Stakeholders Konservasi Lahan di Provinsi Sulut.

Pemerintah telah melakukan kegiatan konservasi dimana dalam jangka waktu empat tahun terakhir, lahan yang telah dikonservasi mencapai 424 Ha, yaitu tahun 2006 seluas 74 Ha, tahun 2007 seluas 200 Ha, tahun 2008 seluas 50 Ha dan tahun 100 Ha. Sedangkan untuk tahun 2010, sasarannya adalah Pengembangan Usaha Tani Konservasi Lahan Terpadu (PUKLT) seluas 50 Ha.

Karena berdasarkan data yang ada, maka secara konsepsi pemerintah Provinsi Sulut telah merencanakan untuk menjadikan sektor pertanian sebagai penyokong utama pembangunan daerah demi peningkatan taraf hidup masyarakat, lanjut Sandra Moniaga.

Rein P.Wongkar, S.Sos selaku Ketua Panitia kegiatan Temu Stakeholders Konservasi Lahan di Provinsi Sulut mengatakan kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan dan menginformasikan kepada pemerintah Kabupaten/Kota tentang Konservasi Lahan serta mengkaji dan mengkritisi berbagai kebijakan pertanian di Sulut.

Sementara itu, Ir. Phillips Wowiling selaku narasumber pada acara pembukaan itu menjelaskan bahwa tujuan konservasi ini adalah untuk meningkatkan produktivitas lahan. Sedangkan untuk pelaksanaan Konservasi Lahan ada dua yaitu Konservasi lahan yang mendukung kawasan holtikultura dan konservasi lahan dengan menggunakan tanaman holtikultura.

Kabid Pengelolaan Lahan dan Air Dinas Pertanian dan Peternakan Prov Sulut ini juga menyampaikan data-data konservasi di Sulut dari tahun 2006 sampai tahun 2010 yaitu Minahasa 200 Ha, Minahasa Selatan 100 Ha, Bolmong 50 Ha dan Sangihe 50 Ha. Untuk rencana kegiatan konservasi lahan kawasan holtikultura pada tahun 2011 yakni Minahasa 200 Ha, Minahasa Selatan 200 Ha, Bolmong 200 Ha serta Sangihe 200 Ha, ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: