Mewengkang Buka Lokakarya PK2PP

Pemprov Sulut bekerjasama dengan Kemeneg Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) menggelar Lokakarya Penyusunan Modul Pemantauan Kualitas Kinerja Pelayanan Publik (PK2PP). Kegiatan tersebut dibuka Asisten Administrasi Umum Drs Ferdinand Mewengkang, MM, Senin (29/11) di ruang Huyula di kantor gubernur sulut.

Mewengkang mengatakan, sejalan dengan renstra Kemeneg PAN dan RB tahun 2010-2014 yang menetapkan, bahwa visi kedepan adalah ”Terwujudnya Aparatur Negara Yang Profesional, Efektif, efisien dan Akuntabel  Dalam Pelaksanaan RB Menuju Kepemerintahan yang baik”, maka Pemprov Sulut senantiasa akan melaksanakan 6 (enam) Misi Pendayagunaan Aparatur yang tercermin dari peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan akuntabilitas kinerja aparatur, peningkatan koordinasi pengawasan, mewujudkan kelembagaan yang efektif dan efisien, meningkatkan efektifitas dan efisiensi ketatalaksana dan peningkatan profesionalisme SDM Aparatur.

Berkaitan dengan kualitas pelayanan publik, disadari hingga kini masih terkendala dengan berbagai permasalahan mendasar seperti masih lemahnya sistem pengendalian manajeman pemerintahan yang mencakup set mental menyangkut tanggung jawab pekerjaan dan penempatan posisi (position building), dimana permasalahan ini menjadi faktor penghambat tercapainya standar pelayanan publik sebagaimana diatur dalam UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Jelas mewengkang.

Senada dengan Mewengkang, Staf khusus  Kemeneg PAN dan RB Bidang Sosial Politik Drs JJ Lontaan Msi, juga mengakui bahwa kelemahan yang ada tersebut lebih disebabkan pada tiga hal yakni belum adanya data base, masih banyaknya pemda yang belum memiliki acuan mutu formal untuk melaksanakan wajib yang mengacu pada standar pelayanan minimal (SPM) dan acuan pelayanan yang mengacu pada standar pelayanan publik (SPP) dan masih banyak jenis pelayanan publik dasar lainnya yang belum memiliki indikator formal SPM sebagai acuan untuk menilai kinerja pelayanan.

Sementara Karo Organisasi dan Kepegawaian

ian Drs Linda Wantania, Msi menjelaskan, kegiatan yang berlangsung sehari ini, diikuti seluruh kepala SKPD Provinsi, Kabag Hukum dan Organisasi Kabupaten/Kota dan Kantor Pelayanan terpadu satu pintu Kab/ko se- Sulut. Pembicaranya Asisten Deputi Bid. Pelayanan Umum, Hukum dan Keamanan Ir Hendrumal MP Panjaitan. Linda juga menambahkan dihari yang sama Kemeneg PAN dan RB juga melakukan sosialisasi UU No. 25/2009 Tentang Pelayanan Publik

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: