Seminar & Lokakarya Kemaritiman Nasional

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) bertempat di Swisbell Maleosan Hotel  mulai tanggal 28 s/d 30 Oktober 2010 melaksanakan seminar dan lokakarya Kemaritiman Nasional bertemakan “Mengokohkan Geo Strategi Indonesia di Pacifik”.

Acara dibuka olah Gubernur Sulawesi Utara S.H.Sarundajang dihadiri oleh anggota DPD Ferry Tinggogoy. Tampil sebagai pembicara (keynot speaker) Gubernur Sulawesi Utara S.H Sarundajang mengatakan Seminar dan lokakarya yang diprakarsai oleh PMII mengingatkan kembali akan sejarah bangsa dimana 82 tahun silam para pemuda Indonesia berkumpul melaksanakan kongres ke dua sehingga pada tahun 1928 lahirlah Sumpah Pemuda.

Sarundajang lebih lanjut menjelaskan bahwa Indonesia merupakan Negara kedua yang memiliki garis pantai terpanjang sesudah kanada, memiliki 17.508 pulau sehingga Indonesia disebut sebagai Negara maritim yang memiliki pengertian pulau-pulau dindonesia dipersatukan oleh laut tuturnya, Lebih jauh diungkapkan Sarundajang bahwa  Indonesia selalu tidak lepas dari sejarah bangsa seperti halnya nama Indonesia yang dipopulerkan oleh adolf bastian tahun 1884 yang artinya pulau-pulau bukan hanya dipulau jawa yang dulunya disebut nusantara tetapi Indonesia yang terdiri dari seluruh pulau-pulau bukan hanya jawa tetapi ada sulawesi, Kalimantan , Sumatera, irian, maluku olehnya menurut Sarundajang bangsa Indonesia disebut sebagai Negara Maritim.

Kondisi geografi sulawesi utara yang berbatasan langsung dengan Negara phipina dan sebagai pintu gerbang di kawasan asia pasifik mengharuskan pemerintah dan masyarakat sulawesi utara untuk mampu menghadapi berbagai tantangan dan perubahan social dan juga ekonomi global guna mensejahterakan rakyat sulawesi utara (geostrategi). Melalui beberapa iven akbar seperti WOC. CTI, Sail Bunaken telah berhasil dilaksanakan dan telah memberikan kontribusi terhadap ekonomi masyarakat sulawesi utara .

Mengakhiri pembicaraan Sarundajang mengatakan PMII untuk selalu eksis dan diharapkan senantiasa menjadi pelaku dalam pembangunan didaerah provinsi sulawesi utara..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: