Sarundajang Canangkan Gerakan Sehari Sejuta Sambungan

Gubernur Sulut Drs Sinyo Harry Sarundajang selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke- 65 di halaman Kantor Gubernur Sulut, Rabu(27/10) telah mencanangkan Gerakan Sehari Sejuta Sambungan, yang ditandai dengan penyalaah lampu di rumah keluarga Sanger Kaeng di Kecamatan Wanea.

Sarundajang mengatakan, momentum Hari Listrik Nasional kali ini memiliki warna dan nuansa yang berbeda dari pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, karena diwarnai dengan berbagai program kreatif dan solutif, dalam rangka memantapkan PT. PLN (Persero) dalam tugas dan tanggungjawabnya melayani masyarakat dibidang kelistrikan.

Saat ini baru saja kita saksikan pencanangan Gerakan Sehari Sejuta Sambungan dan akan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bunaken, Program ini menurut Gubernur hasil pilihan rakyat yang kedua kali ini, sepengetahuannya merupakan tindak lanjut dari kesepekatan antara pemerintah dan PT PLN ( Persero)  tanggal 30 Juni 2010 di NTB dengan program bebas pemadaman bergirlir di seluruh wilayah nusantara, ujarnya.

Sarundajang menyebutkan, Provinsi Sulut sangat membutuhkan pasokan energi listrik untuk menggerakan berbagai sektor strategis yang ada. Karenanya peningkatan energi listrik menjadi urgen untuk dilakukan, sebab listrik sangat berkolerasi dengan percepatan pembangunan daerah. Apalagi saat ini Sulut sedang giat-giatnya memantapkan sektor ekonomi, yang dirangkai, melalui tiga pilar pembangunan yaitu, trade, tourism dan invesment (TTI).

Rencana ini tentunya memerlukan dukungan penuh dari PT PLN (Persero) agar dalam mewujudkan Sulut sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Kawasan Timur Indonesia dan Pintui Gerbang Indonesia di Kawasan Pasifik bisa terwujud, karena adanya ketersediaan tenaga listrik yang memadai.

Sarundajang juga mengajak agar PLN dapat memanfaatkan setiap sumber-sumber energi listrik yang cukup potensial yang di dimiliki sulut seperti, seperti potensi tenaga air, tenaga panas bumi dan tenaga surya yang belum dikelolah secara maksimal.

General Manajer PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Wirabumi Kaluti menyebutkan, sampai hari ini sambungan baru di Wilayah Suluttenggo sudah mencapai 28. 774 dengan rincian sulut 12.384 sambungan, Suluteng 12.654 dan gorontalo 3.736 sambungan  . Kegiatan ini dihadiri Direktur Energi Primer Nur Pamuji, Plt Walikota Manado Robby Mamuaja, Dan Lantamal VIII Laksma Agus Purwanto, Dan Lanudsri Letkol. Yudi Mandega dan para pejabat eselon II Pemprov. Sulut

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: