Pemprov Tunjang PLN Bangun PLTS Dikepulauan

Kerinduan Pemerintah Provinsi Sulut agar pulau-pulau berpenghuni bisa menikmati aliran listrik dari PLN kini mulai terwujud, setelah pihak PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo mulai membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di pulau bunaken untuk tahun 2010 ini. Tidak hanya bunaken, akan tetapi Desa Ondong dan Makalehi di Kabupaten Kepulauan Sitaro serta Desa Marampit di Kabupaten Kepulauan Talaud tahun 2011 mendatang akan mendapatkan pembangkit listrik yang sama dari PLN, hal itu dikatakan Gubernur Sulut Drs Sinyo Harry Sarundajang saat meletakan batu pertama pembangunan PLTS di Pulau Bunaken, Rabu (27/10).

Gubernur mengatakan, listrik dewasa ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia terutama mereka yang mendiami wilayah- wilayah kepulauan. Karena  dengan hadirnya PLTS ini dipastikan aktivitas masyarakat disana akan semakin meningkat, ujarnya.

Sarundajang juga menyebutkan PLTS ini sangat ramah lingkungan dibanding dengan Pembangkit listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang ada.  PLTS hanya menggunakan tenaga matahari sehingga dijamin tidak akan menggangu lingkungan sekitar.

Bagi warga bunaken Sarundajang mengingatkan, kiranya fasilitas ini dapat  dijaga dengan baik, karena akan menjadi tujuan wisata bagi turis manca negara. Jika mereka datang ke bunaken dan melihatnya, pasti akan terkagun-kagum, sebab tidak semua negara memakai pembangkit listrik seperti ini, hanya ada di negara tropis seperti Indonesia saja.

Kegiatan yang turut dihadiri  Direktur Energi Primer Nur Pamuji, Plt Walikota Manado Robby J Mamuaja, Dan Lantamal VIII Laksma Agus Purwanto, Dan Lanudsri Letkol Yudi Mandega dan para pejabat Pemprov Sulut ini, Sarundajang menambahkan, kebijakan PLN untuk menghadirkan PLTS di beberapa kepulauan di daerah ini akan terus ditunjang oleh Pemprov. Sulut, kehadiran PLTS ini sekaligus menjawab kerinduan rakyat sulut yang selama ini mendambahkan adanya listrik.

General Manager PT. PLN Suluttenggo Wirabumi Kaluti menjelaskan pembangunan PLTS Bunaken menelan anggaran Rp. 18 M,  memiliki daya 335 kw peak, akan melayani sebanyak ± 700 pelanggan dengan operasi dari 6 jam menjadi 12 jam. Pembangunan ini akan diresmikan pada bulan desember 2010 mendatang

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: