Pemprov Gelar Halal Bi Halal

Jajaran pemerintah provinsi sulut menggelar peringatan halal bi halal bersama seluruh karyawan/ti yang bertugas dilingkungan pemprov sulut. Kegiatan yang berlangsung di ruang mapalus kantor gubernur, rabu (10/13). mengambil tema “Melalui Halal Bi Halal 1431 H, Kita Tingkatkan Kualitas Iman dan Mempererat Silaturahmi serta Menjaga Solidaritas Kerukunan Antar Umat Beragama di Sulawesi Utara”, turut dihadiri Wagub Drs Djouhari Kansil MPd.

 

Wagub, Djouhari Kansil mengatakan, Halal Bi Halal memiliki esensi penting dalam mempererat hubungan tali silahturahmi di antara sesama manusia, karena Makna yang terkandung dalam setiap melaksanakan hajatan ini sesungguhnya untuk menghalalkan satu dengan yang lain, untuk menerima eksistensi dari sesama umat manusia, ujarnya.

 

Kansil menyebutkan, Momentum peringatan

 

 acara ini secara langsung telah memberikan ruang dan kesempatan bagi kita untuk saling bersilaturahmi sekaligus meluruskan benang yang kusut serta mencairkan hubungan yang beku dan melepaskan ikatan yang membelenggu serta mengurai problem yang menghadang terjalinnya keharmonisan hubungan persaudaraan yang rukun.

 

Disebutkan, dalam usaha membangun daerah ditengah-tengah derasnya perkembangan dan tuntutan masyarakat, membutuhkan birokrasi, termasuk didalamnya PNS sebagai public servant. Peran PNS dinilai sangat sentral sebagai motor penggerak roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

 

 Begitu kompleksnya tugas dan tanggung jawab dari seorang PNS di era otonomi dan global dewasa ini tidak hanya dituntut kualitas dan profesional saja melainkan diperlukan adanya harmoni sosial dan kekompakan dalam setiap aktivitas pelayanan. Untuk mencapai semua itu Kansil menambahkan, dibutuhkan wahana strategis, salah satunya melalui momentum halal bi halal, katanya.   

 

Sementara Uztadz Drs. H Kunrat Dukalang, MPd, (Kakandepag Bitung) dalam   ceramahnya menyebutkan momentum Halal Bi Halal dilaksanakan dengan rasa kebersamaan yang berdasarkan rasa cinta dengan saling pengertian terhadap sesama dan rasa syukur umat Muslim setelah berpuasa selama 1 bulan penuh di bulan suci Ramadhan 1431 H. Karena substansi puasa menurut Dukalang, untuk menetralisasikan kehidupan rohani, termasuk manjaga hawa nafsu.

 

Karo Kesra Dr. Abeng Elong selaku Ketua Panitia menyebutkan, tujuan pelaksana acara Halal Bi Halal kali ini sebagai ajang saling maaf memaafkan, mempererat tali persaudaraan, meningkatkan semangat dan rasa kekeluargaan di sesama pegawai lingkungan Pemprov Sulut. Acara ini Elong menambahkan  ini dihadiri pula para pejabat Pemprov, muspida Sulut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: